Bahaya Berponsel Sambil Mengemudi Tak Mengenal Usia

gadgetapps published over a year ago




Tua muda sama saja jika berbicara bermain ponsel saat mengemudi. Hindari hal ini jika tak ingin ponsel Anda jadi sumber celaka.

Namun dalam riset Wayne State University disebutkan, orang dewasa dianggap lebih rentan terganggu konsentrasinya saat mengetik pesan singkat selama berkendara ketimbang orang muda.

Ujung-ujungnya, hal itu berpotensi lebih besar mengakibatkan mobil yang dikendarai keluar jalur atau yang lebih fatal lagi adalah terjadinya kecelakaan yang memakan korban.

Hal ini diungkapkan Wayne State University dari sebuah studi yang menggunakan simulator. Dalam studi tersebut dilaporkan, 100% pengemudi berumur 45-59 tahun yang dites seluruhnya gagal melewati 'ujian' saat diminta untuk bermain pesan singkat saat menyetir. Mobil yang dikendarai mereka oleng sehingga membahayakan dirinya dan pengendara lain.

Sementara di rentang umur yang lebih muda yakni 35-44 tahun sebesar 80% di antaranya keluar jalur saat mengikuti tes yang sama.

Lantas bagaimana untuk pengendara yang lebih muda? Memang, risikonya lebih kecil, yaitu sekitar 40% untuk pengendara di rentang umur 25-34 serta 25% bagi mereka yang berusia 18-24 tahun.

Profesor dari Wayne State University Randall Commissaris mengungkapkan, peneliti percaya bahwa pengemudi yang lebih tua akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat ponsel. Sementara kondisi jalan di depannya hanya sekilas dilihat sehingga risiko kecelakaan saat bermain ponsel saat mengemudi bagi mereka sangat tinggi.

"Atau ada kemungkinan bahwa pengendara yang lebih tua tidak berbeda dengan yang lebih muda terhadap waktu yang dihabiskan melihat ponsel mereka. Tapi mereka lebih mudah terganggu oleh pesan yang masuk saat mengemudi karena mereka kurang mampu mengelola tuntutan kognitif multitasking," tambah Commissaris.

Walau begitu, pengendara yang lebih muda bukan berarti dapat lebih bebas chatting, teleponan atau bahkan bermain game di ponsel saat tengah mengemudi.

Intinya hal itu juga tak lebih berbahaya bagi orang tua ataupun anak muda. Jadi, jangan coba-coba!




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES