5 Aplikasi Backup Data di Android Tanpa Root

gadgetapps published over a year ago




Perangkat Android memiliki fitur Google Sync untuk backup data. Dengan mengaktifkan fitur tersebut maka kamu tak perlu khawatir kehilangan data-data penting apabila perangkat Android hilang atau dicuri. Sebab, data tersebut telah tersimpan dengan aman di server Google.

Namun tidak semua pengguna Android menyukai fitur ini, karena tidak semua data dapat ter-backup, termasuk data game dan aplikasi-aplikasi yang telah didownload melalui Google Play Store.

Maka dari itu, sebagian pengguna Android memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat mem-backup seluruh data dalam perangkat Android. Permasalahannya adalah, untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, perangkat Android harus berada dalam keadaan telah di-root.  

Root adalah sebuah metode yang dapat membuat pengguna memiliki kuasa penuh untuk mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem yang ada di perangkat. Intinya, root memberikan akses tanpa batas untuk mengubah sistem Android.

Tentunya tidak semua pengguna setuju akan hal tersebut, bahkan mungkin ada pengguna yang tidak mengerti melakukan root ini karena kesulitan teknis.

Jika kamu salah satunya, maka 5 aplikasi berikut ini patut kamu download. Sebab, aplikasi-aplikasi ini dapat mem-backup seluruh data di Android tanpa bantuan metode root.

1. CM Backup

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini cukup populer di Google Play Store. Aplikasi ini akan mem-backup data-data penting seperti SMS, kontak, foto, file, kalender, notes dan riwayat panggilan ke layanan cloud.

2. GO Backup & Restore Pro

Aplikasi ini juga dapat mem-backup seluruh data di perangkat Android. Namun, GO Backup & Restore Pro memiliki fitur menarik, yaitu fitur Backup Aplikasi. Jadi, kamu dapat memilih untuk backup aplikasinya saja atau hanya backup datanya saja.

3. G Cloud Backup

Melakukan backup secara manual akan menyita waktu. Agar memudahkan pengguna, aplikasi ini menawarkan fitur backup secara otomatis. Dengan begitu, seluruh data akan tersimpan aman dan dengan mudah dapat di-restore ketika dibutuhkan.

4. Helium

Jika kamu penggemar berat game, tentunya kamu tidak ingin kehilangan data dari game tersebut. Sebab, akan sangat melelahkan jika kamu harus mengulang permainan dari level awal. Aplikasi Helium mengerti akan hal itu dan menyajikan fitur backup seluruh data game.

Tidak hanya data game, aplikasi ini juga dapat mem-backup data-data penting lain yang tersimpan di perangkat Android.

5. Easy Backup & Restore

Sesuai namanya, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna saat melakukan backup data. Aplikasi ini menyajikan tampilan minimalis, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan mudah dan nyaman.

Aplikasi-aplikasi di atas akan sangat membantu kamu dalam melakukan backup data. Tanpa metode root, data penting yang tersimpan di perangkat Android akan ter-backup seluruhnya. Kamu bisa mendownload aplikasi-aplikasi tersebut via Google Play Store.

Sumber gambar: www.youtube.com




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES