Question and Answer: TCASH

corporate published over a year ago




TCASH merupakan layanan uang elektronik (e-money) yang memberikan kemudahan bagi pelanggan agar bisa melakukan transaksi non tunai melalui ponsel. Agar tetap menjadi layanan yang dapat diandalkan, maka Telkomsel terus mengembangkan TCASH hingga dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Tahun ini, TCASH bakal menambah merchant sebanyak 33 ribu dan melakukan ekspansi ke empat kota besar, yakni Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Dan agar layanan TCASH dapat menjadi bagian dari gaya hidup konsumen di Indonesia, Telkomsel sedang mengembangkan fitur yang dapat mengintegrasikan layanan TCASH dengan teknologi NFC pada ponsel pintar.

GM Digital Payment and Banking Product Development Telkomsel Herman Suharto memberikan keterangan dalam sesi wawancara beberapa waktu lalu terkait layanan TCASH yang kian berkembang dan menunjukan nilai positif bagi para penggunanya. Berikut petikannya:

Q: Seberapa optimis Telkomsel melihat teknologi NFC akan booming atau menjadi tren di Indonesia?
A: Kita melihat bahwa teknologi NFC ini kedepannya akan terus diadopsi oleh masyarakat dan menjadi tren di Indonesia, mengingat sekarang ini adopsi smartphone di masyarakat sudah sangat tinggi hampir semua smartphone tersebut sudah memiliki teknologi NFC. Untuk lebih meningkatkan customer experience pun kami akan segera meluncurkan NFC-based apps yang dapat dengan mudah di unduh, aktivasi, dan digunakan untuk pembayaran.

Q: Apa transaksi merchant terbesar di layanan TCASH?
A: Untuk transaksi di merchant, sekarang ini kami akan lebih fokus di small size merchants atau retail, seperti 7-Eleven dan Indomaret, yang memiliki tingkat pertumbuhan transaksi TCASH yang besar dan rutin tiap hari nya.

Q: Saat ini, berapa jumlah merchant yang telah bekerjasama dengan TCASH?
A: Sekarang ini TCASH memiliki sekitar 3 ribu outlet, dengan jumlah merchant sekitar 60. Kedepannya kita akan memperluas kawasan layanan TCASH ke kota-kota lain.



Q: Kota mana saja?
A: Rencananya kami akan memperluas kawasan layanan TCASH ke kota-kota lain seperti Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Q: Berapa jumlah pengguna aktif TCASH?
A: Saat ini pengguna aktif TCASH NFC sekitar 300 ribu pelanggan.

Q: NFC digunakan untuk layanan TCASH Tap. Hal apa yang menumbuhkan jumlah pengguna TCASH Tap?
A: Banyak promosi yang kami berikan untuk TCASH Tap, seperti promosi di XXI. Selain itu ada juga promosi top-up TCASH senilai Rp.50 ribu dengan hadiah berupa tiket bioskop ataupun berbagai macam produk di merchant-merchant seperti ChatTime, 7-Eleven, sama Coffee Bean.

Q: Berapa target pengguna TCASH TAP di tahun ini?
A: Di tahun 2016 ini, kami menargetkan pengguna TCASH aktif sejumlah 5 juta – 6 juta pelanggan.

Q: Mengingat jumlah pengguna aktif yang sedikit dan target pengguna di tahun ini sangat besar, apakah target tersebut akan tercapai?
A: Kami yakin target tersebut dapat tercapai, karena jumlah pengguna aktif yang sekarang ini masih relatif rendah diakibatkan oleh skala wilayah layanan yang juga masih terbatas. Namun apabila kita ukur untuk target nasional dengan ekspansi jumlah merchant hingga 30 ribu outlet, angka 5-6 juta pengguna aktif tersebut akan dapat dicapai.

Q: Kapan rencana ekspansi ke luar Jabodetabek akan dilaksanakan?
A: Rencananya di kuartal kedua tahun 2016, kita akan melakukan ekspansi kota per kota secara bertahap.

Q: Apakah TCASH juga bisa digunakan untuk pembayaran gaji?
A: Ya, sekarang ini sudah ada beberapa perusahaan yang melakukan pembayaran gaji menggunakan TCASH.



Q: Seberapa serius TCASH dalam melayani pengguna?
A: Kami meningkatkan pelayanan TCASH bagi pelanggan dengan sangat serius, seperti dengan mengadakan merchant program, dan juga banyak melakukan investasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan TCASH.

Q: Apa pelayanan tersebut hanya berlaku di GraPARI saja?
A: Untuk sekarang pelayanan untuk TCASH baru dapat dilakukan di GraPARI, namun mulai dari bulan Februari 2016 kami telah memiliki kerjasama dengan 7-Eleven dan Indomaret. Kami akan menempatkan sales force di merchant-merchant tersebut untuk melayani pelanggan TCASH.

Q: Apa harapan untuk layanan TCASH di masa mendatang?
A: Kami ingin TCASH bukan hanya menjadi sekedar produk, tapi menjadi sebuah lifestyle yang benar-benar bisa diadopsi oleh pelanggan. Seperti misalnya kebiasaan yang telah berjalan adalah ketika pelanggan nomat (nonton hemat) di XXI setiap hari Senin dengan menggunakan TCASH, mereka sangat antusias dan mendapatkan pengalaman yang baik, sehingga akhirnya berbagi pengalamannya di sosial media. Hal itulah yang ingin kami kembangkan.

Q: Apakah ada biaya khusus untuk mengaktifkan TCASH?
A: Harga resmi stiker TCASH adalah Rp. 5 ribu. Namun dengan mengisi saldo Rp. 20 ribu, maka tidak akan dikenakan biaya aktivasi. Lebih dari itu, pelanggan akan mendapatkan tiket nonton gratis apabila melakukan pengisian saldo Rp. 50 ribu.

Q: Untuk isi saldo, TCASH bekerjasama dengan bank apa?
A: Sekarang TCASH Telkomsel telah menjadi anggota di ATM Bersama dengan kode bank 911.

Q: Berapa transaksi TCASH dalam sebulan?
A: Sekarang ini, transaksi TCASH sebesar sekitar Rp. 66 ribu per transaksi, dengan 2 kali transaksi per pengguna. Targetnya, tahun ini pengguna bisa melakukan 4 kali transaksi per bulannya.

Q: Selain menjadikan TCASH sebagai lifestyle, apakah ada rencana lain di tahun ini?
A: Kami berencana agar semua merchant yang sekarang ini masih melakukan pembayaran tunai, pada akhirnya bisa bertransaksi dengan TCASH. Termasuk diantaranya adalah pembayaran parkir, dan transportasi seperti biaya tol maupun taksi.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES