Pemenang The NextDev 2016: Kostoom

corporate published 150 Days ago




Pemenang The NextDev 2016: Kostoom

 

Kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural, The NextDev 2016, telah menemukan tiga tim pemenang yang masing-masing hadir dengan solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang. Ketiga aplikasi pemenang tersebut adalah Juru Parkir, Habibi Garden, dan Kostoom.

Simak profil salah satu pemenang The NextDev 2016, Kostoom, sebuah platform digital di bidang e-UKM, yang dikembangkan oleh Putry Yuliastutik, dan Indra Rukasyah dari Depok berikut.




Apa itu Kostoom?

Kostoom adalah layanan jahit online pertama dengan konsep ekonomi berbagi (sharing economy) yang bertujuan untuk memberdayakan dan menghubungkan individu, desainer dan pengusaha fashion sebagai konsumen / pengguna jasa jahitdengan penjahit rumahan, dimanapun mereka berada.

Saat ini area operasional Kostoom masih fokus di daerahJabodetabek. Dalam waktu dekat, Kostoom akan merilis aplikasi mobile Android pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pakaian custom-made untuk kebutuhan personal maupun bisnis.Dibantu dengan aplikasi Kostoom, para konsumen dapat mewujudkan pakaian impian serta produk fashion ideal mereka. Para penjahit rumahan pun bisa mendapatkan pesanan dengan lebih mudah dan cepat dengan harga yang layak.


Bagaimana awal munculnya ide pembuatan Kostoom?

Pembuatan Kostoom terinspirasi dari pengalaman CEO Kostoom, Putri Yuli, yang melihat dan merasakan bagaimana Ibunya yang seorang penjahit rumahan sulit mendapatkan pesanan dan seringkali mendapat bayaran rendah.

Dengan tekad untuk membantu memasarkan jasa jahit Ibunya, Putri pun mulai membangun Kostoom.com bersama dengan teman-temannya sebagai jembatan antara konsumen yang memerlukan jasa jahit untuk produk pakaiannya dengan penjahit rumahan yang memerlukan tambahan pesanan sebagai mata pencaharian dengan imbalan harga yang layak.


Apa keunggulan Kostoom dibandingkan aplikasi sejenis?

Kostoom menawarkan keuntungan baik bagi konsumen (pribadi, pengusaha fashion) maupun penjahit rumahan yang menjadi mitra Kostoom.

Bagi konsumen, dengan sistem quality control yang diterapkan, Kostoom menjamin standar kualitas hasil jahitan. Selain itu ada juga layanan penjemputan kain dan pengiriman hasil jahit dan konsultasi desain bebas biaya. Konsumen juga bisa mendapatkan harga istimewa untuk jumlah pesananan tertentu, dengan waktu produksi yang relatif singkat.

Sedangkan untuk penjahit, Kostoom memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak pesanan dengan proses yang mudah kapan dan dimana saja, dengan harga layak. Selain itu Kostoom juga menyediakan fasilitas pinjaman untuk pembelian mesin jahit yang diperuntukkan bagi para penjahit yang telah menjadi mitra Kostoom.


Apakah tantangan dan harapan kalian sebagai startup lokal?

Tantangannya adalah bagaimana produk yang dikembangkan bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan masyarakat luas. Selain fokus dalam pengembangan teknologi, sebuah startup juga harus memikirkan bagaimana teknologi tersebut dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada.

Semoga para startup tidak hanya memprioritaskan profit, namun juga kegunaan dan manfaat aplikasi yang mereka ciptakan bagi banyak pihak.


Apa pesan kalian terhadap generasi muda agar mereka dapat memiliki kesadaran untuk berperan nyata dan berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungannya, dan bagaimana cara memulainya?

Mulailah dari apa yang pernah dirasakan. Karena jika kita merasakan sendiri masalah yang ingin diselesaikan, maka kita akan lebih termotivasi dan semangat dalam menjalaninya.

Sense of humanity para remaja saat ini sudah cukup tinggi dibandingkan sebelumnya, banyak dari mereka yang sudah mulai mencari solusi atas masalah yang memiliki dampak bagi lingkungan dan banyak orang namun yang perlu ditekankan adalah dalam menjalani itu semua, jangan hanya fokus pada profit atau penggunaan teknologi yang canggih, mulailah dengan hal yang kecil dan sederhana tapi manfaatnya bisa sangat luas.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES