Pemenang The NextDev 2016: Juru Parkir

corporate published 207 Days ago




Pemenang The NextDev 2016: Juru Parkir

 

Kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural, The NextDev 2016, telah menemukan tiga tim pemenang yang masing-masing hadir dengan solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang. Ketiga aplikasi pemenang tersebut adalah Juru Parkir, Habibi Garden, dan Kostoom.

Simak profil salah satu pemenang The NextDev 2016, Juru Parkir, sebuah platform digital di bidang e-Governance, yang dikembangkan oleh Abid Muhammad, Galuh Tri Gunawan, dan Devi Krisdiansyah dari Yogyakarta berikut.




Apa itu Juru Parkir?

Juru Parkir merupakan sistem rekam data transaksi parkir berbasis aplikasi mobile yang diintegrasikan dengan cloud server untuk menghasilkan laporan real-time yang terdiri dari data plat nomor, waktu transaksi, transaksi keuangan, data titik parkir dan data petugas parkir yang melakukan kegiatan operasional di lapangan.

Melalui teknologi tersebut, Juru Parkir menjadi solusi untuk merevolusi sistem laporan transaksi retribusi parkir di Indonesia menjadi lebih transparan dan efisien, hal yang selama ini hampir mustahil dapat dilakukan dengan pengelolaan metode konvensional. Selain itu, dibandingkan dengan solusi yang telah ada saat ini, Juru Parkir memiliki investasi yang jauh lebih efisien dan lebih sesuai dengan kebiasaan konsumen parkir di Indonesia.

Juru Parkir dikembangkan dengan sistem pembacaan plat nomor otomatis menggunakan perangkat genggam sehingga proses transaksi dapat berjalan mudah dan cepat (kurang lebih 2 detik per transaksi). Setiap perangkat melakukan proses pembacaan plat nomor kendaraan, data secara otomatis akan tersimpan di cloud server sehingga memudahkan proses pengawasan dan mengurangi resiko kecurangan oleh petugas parkir. Konsumen kemudian akan memperoleh struk parkir sebagai pengganti karcis parkir yang biasa digunakan.

Platform Juru Parkir telah sukses diimplementasikan di 18 titik, dengan hasil yang sangat memuaskan, berupa peningkatan signifikan bagi PAD retribusi parkir hingga 800%. Tim Juru Parkir sendiri telah berpengalaman dalam mengembangkan teknologi mobile dan telah melakukan riset di bidang pengelolaan parkir selama dua tahun.


Bagaimana awal munculnya ide pembuatan Juru Parkir?

Ide pembuatan Juru Parkir berawal dari adanya kebutuhan teknologi dari salah satu operator parkir di Jakarta yang bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengelola usaha parkir on street di kota Bekasi. Pada awalnya operator parkir tersebut menggunakan teknologi parkir meter dispenser, namun mereka menemukan fakta bahwa ternyata terdapat kebiasaan yang unik dari konsumen parkir di Indonesia yang menyebabkan penggunaan sistem tiket dispenser menjadi kurang efektif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, kami mencoba untuk menghadirkan sebuah solusi teknologi yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen parkir di Indonesia, melalui Juru Parkir.


Apa keunggulan Juru Parkir?

Juru Parkir merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia yang menggunakan server berbasis cloud untuk pengelolaan bisnis parkir jenis on street.

Selain itu, laporan dan data transaksi yang dilaporkan secara real-time dan lengkap, dapat mengurangi resiko kebocoran pendapatan yang disebabkan oleh kelalaian/kecurangan petugas dilapangan.

Data informasi petugas parkir lapangan yang sedang bertugas juga tercatat dan dilaporkan real-time sehingga mempermudah proses monitoring.

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Juru Parkir juga memiliki sistem rekam data plat nomor kendaraan yang valid untuk alasan keamanan.


Apakah tantangan dan harapan kalian sebagai startup lokal?

Tantangan sekaligus harapan kami sebagai startup lokalyakni adanya dukungan penuh dari pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk dapat membantu memfasilitasi perkembangan kami.

Bentuk dukungan mulai dari akses pada market, akses permodalan, infrastruktur, dukungan industri, hingga regulasi akan sangat membantu developer lokal untuk dapat berkembang secara optimal dalam menghasilkan solusi bagi permasalahan yang ada.


Apa pesan kalian terhadap generasi muda agar mereka dapat memiliki kesadaran untuk berperan nyata dan berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungannya, dan bagaimana cara memulainya?

Kesadaran untuk aktif berkontribusi bagi lingkungan sekitar dapat dimulai dengan berkumpul dengan komunitas-komunitas yang positif, dan mencari tahu sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang selama ini menjadi permasalahan yang ada. Selanjutnya, mulailah melangkah membuat sesuatu yang sesuai dengan bidang yang dikuasai untuk menghasilkan solusi bagi permasalahan yang ingin dipecahkan.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES