Pemenang The NextDev 2016: Habibi Garden

corporate published 151 Days ago




Pemenang The NextDev 2016: Habibi Garden

 

Kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural, The NextDev 2016, telah menemukan tiga tim pemenang yang masing-masing hadir dengan solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.Ketiga aplikasi pemenang tersebut adalah Juru Parkir, Habibi Garden, dan Kostoom.

Simak profil salah satu pemenang The NextDev 2016, Habibi Garden, sebuah platform internet of things (IoT) di bidang e-Agriculture, yang dikembangkan oleh Dian Prayogi Susanto, Irsan Rajamin, Rahmad Adhidari Bekasi.




Apa itu Habibi Garden?

Habibi Garden adalah sebuah Internet of Things (IoT) pertanian presisi (precision agriculture) yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan tanaman, yang dikembangkan oleh sebuah tim yang terdiri dari urban gardener, peneliti tanah, insinyur otomasi, dan petani.

Habibi Garden dapat memberi makan tanaman dengan dosis yang tepat berdasarakan data kondisi tanah yang terkumpul. Keadaan tanaman pun dapat dimonitor kapan dan dimana saja langsung dari smartphone. Penggunaan Habibi Garden dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan meminimalisir kemungkinan gagal tanam.




Bagaimana awal munculnya ide pembuatan Habibi Garden?

Ide pembuatan Habibi Garden didapatkan ketika DP (Dian Prayogi) mencoba urban gardening dengan menanam tomat, cabai, dan sayur-sayuran lainnya, namun selalu gagal karena keterbatasan ilmu dan keahlian dalam berkebun. Gagal tanam ini ternyata tidak hanya dialami DP, namun juga 20 juta petani di Indonesia.

Dari sini muncul inspirasi untuk menciptakan alat yang dapat menjadi mediator tanaman untuk mengkomunikasikan parameter vital kondisi tamanan (temperatur, intensitas cahaya, kelembaban lingkungan, hingga kanudngan nutrisi) kepada petani / pengebun untuk mencapai pertumbuhan yang optimal.

Habibi Garden sekarang ini sudah mulai melakukan pembinaan kepada petani tomat di Cipanas mengenai penggunaan teknologi di bidang pertanian untuk meningkatkan hasil dan kualitas tanaman dan mengurangi biaya tanam.




Apa keunggulan Habibi Garden dibandingkan IoT sejenisnya?

Tren IoT di Indonesia masih terbilang baru dan masih terpusat di komunitas-komunitas pecinta teknologi. Namun demikian, segmen ini memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi startup yang menawarkan solusi bagi berbagai permasalahan negeri ini, dan Habibi Garden merupakan first mover IoT di bidang pertanian.

Ketika sudah lebih banyak lagi petani yang menggunakan Habibi Garden, kesempatan untuk mengembangkan crop insurance akan terbuka lebar. Credit scoring akan membantu petani mendapatkan modal, dan big data mengenai karakteristik tanah di tiap-tiap daerah di Indonesia disertai dengan jenis perawatan untuk masing-masing karakter tersebut akan menjadi modal berharga bagi industri agrikultur.


Apakah tantangan dan harapan kalian sebagai startup lokal?

Tantangan untuk membangun startup hardware seperti Habibi Garden tidaklah mudah, dan sangat berbeda dengan startup software. Untuk terus mengembangkan fitur produk, dibutuhkan proses yang sangat panjang yang berhubungan dengan prototype, vendor sampai akhirnya produk bisa menjadi sempurna. Selain itu, kita juga harus giat mengedukasi pihak-pihak di ekosistem terkait mengenai teknologi yang kita kembangkan, seperti misalnya para petani, agar produk yang kita ciptakan bisa memberikan dampak dan manfaat yang maksimal.




Apa pesan kalian terhadap generasi muda agar mereka dapat memiliki kesadaran untuk berperan nyata dan berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungannya, dan bagaimana cara memulainya?

Buka wawasan selebar-lebarnya. Jangan mudah melakukan justifikasi asumsi dan stereotyping dalam menilai suatu masalah. Terjun kelapangan, amati fenomena yang terjadi, jadilah bagian dari solusi masalah tersebut.

Fokus kepada masalah jangan pada produk, lalu iterasi produk kita hingga benar-benar digunakan oleh masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.

Dan jangan lupa kita harus memiliki visi luas, punya ambisi, dan kreativitas yang kuat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan terakhir harus percaya diri dengan produk yang kita kembangkan.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES