Kalawai Suarakan Perdamaian di Ubud Writers and Readers Festival

corporate published 102 Days ago




Kalawai Suarakan Perdamaian di Ubud Writers & Readers Festival

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Berkembangnya teknologi dan tersebarnya jaringan seluler sampai ke daerah pelosok memungkinkan kita mendapatkan inspirasi, sehingga kita dapat berkreasi dan mengekspresikan diri tanpa batas. Begitu pula dengan Kalawai Rap Crew, sebuah grup hip-hop dari Tobelo, Halmahera.

Tinggal di Tobelo yang jauh dari hiruk pikuk kota besar, Kawalai yang terdiri dari Victor, Sony, Melky, dan Deni, terus berkarya menghasilkan musik rap untuk menyuarakan kegelisahan hati mereka akibat pertikaian yang pernah terjadi di kampung halamannya. Kalawai aktif menyebarkan pesan perdamaian melalui musik.



Berkat karya yang mereka ciptakan, Sony dan Victor berkesempatan untuk berangkat ke Ubud Writers and Readers Festival 2016 (UWRF 2016). Mereka berbagi pesan perdamaian kepada para pengunjung yang berasal dari dalam dan luar negeri. Pada acara bertemakan “Tat Tvam Asi” atau “I Am You, You Are Me” tersebut, Kalawai sukses menghipnotis penonton mancanegara lewat delapan buah lagu dalam sesi performance di atas sebuah panggung sederhana yang dihiasi lampion dan graffiti dalam suasana yang penuh dengan kehangatan.



Kalawai juga menjadi salah satu pembicara dalam sesi panel bertemakan “Make Art Not War”, di mana mereka berbagi pengalaman dalam memilih musik sebagai alat untuk mengubah hati dan pikiran para pendengarnya untuk meninggalkan kekerasan dan melihat perbedaan sebagai sesuatu yang harus dirayakan. Ikut juga untuk berbagi pengalaman dalam sesi ini adalah Bri Lee, seorang aktivis perempuan dari Jerman dan The Brothahood, grup hip-hop Muslim asal Australia. Hadir dari latar belakang yang berbeda, mereka semua memiliki cita-cita yang sama, yaitu untuk menyuarakan perdamaian dan menolak segala bentuk diskriminasi.



Kehadiran Kalawai di UWRF 2016 telah menyita perhatian berbagai kalangan yang hadir di sana, mulai dari media nasional sampai aktivis-aktivis perempuan Indonesia. Tidak ketinggalan juga teman-teman yang berasal dari Indonesia Timur yang ikut merasa bangga melihat anak muda dari daerahnya bisa tampil di festival sekelas UWRF.



Di sela-sela kegiatan mereka di UWRF 2016, Victor dan Sony sempat bercerita bagaimana kehadiran Telkomsel di Tobelo, khususnya dalam menghadirkan layanan data, sangat membantu mereka dalam pembuatan musik, seperti dalam mencari referensi musik dari dalam dan luar negeri, tutorial pembuatan beat musik, instrument sample, sampai dengan gaya artis-artis rap dari berbagai negara.



Tidak jarang, dalam proses pembuatan lagu baru, Sony dan Victor yang sekarang ini sedang menyelesaikan studinya di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, menggunakan internet untuk saling bertukar beat dan lirik yang mereka buat kepada Melky dan Deni maupun teman-teman rapper lainnya yang berdomisili di Halmahera.

Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa tanpa adanya jaringan Telkomsel, mereka akan kesulitan untuk berbagi karyanya agar bisa dinikmati orang lain. Sebagai musisi, online platform seperti YouTube dan ReverbNation menjadi “senjata” utama mereka untuk menyebarkan hasil karya mereka sehingga bisa dinikmati banyak orang di Halmahera, seluruh Indonesia, bahkan hingga luar negeri.



Kalawai merupakan #PahlawanTanpaBatas yang berhasil melewati batas jarak untuk tetap berkarya dan menginspirasi orang sekitarnya tentang perdamaian melalui lirik dan dentuman irama rap. Berkaca dari sepak terjang Kalawai, banyak teman-teman di Halmahera yang merasa bangga dan juga termotivasi untuk melakukan hal serupa dan menjejakkan langkah untuk mendapatkan tempatnya di kalangan musik hip-hop di Maluku, sampai di seluruh Indonesia dan ikut #BikinKerenIndonesia.





WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES