Indonesia Menuju Smart Nation

corporate published over a year ago




Di Indonesia, sudah banyak kota yang mengadaptasi konsep Smart City yang dipercaya sebagai sebuah cara yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan yang umum terjadi di kota-kota di Indonesia, seperti kemacetan, pengelolaan sampah, dan keamanan. Kota-kota tersebut antara lain adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, and Malang.

Smart City sendiri adalah sebuah konsep penataan kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam segala aspek seperti pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Implementasi Smart City yang sukses akan meningkatkan performa dan kesejahteraan, mengurangi biaya hidup dan konsumsi sumber daya, serta mendorong keterlibatan warga masyarakat secara lebih efektif dan efisien.

Sebuah Smart City yang sukses harus dapat memberikan respon yang cepat atas permasalahan yang ada di wilayahnya. Hal ini dapat dimungkinkan berkat teknologi mobile yang memungkinkan warga masyarakat untuk secara proaktif memberikan laporan, keluhan, masukan,dan lain-lain, dan selanjutnya pemerintah pun dapat segera memberikan umpan balik untuk perbaikan kotanya.

Sebagai salah satu stakeholder yang sekaligus pelaku besar di industri teknologi dan informasi, khususnya teknologi mobile, dukungan dan peran serta Telkomsel menjadi sangat relevan untuk mendukung keberhasilan Smart City. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk dukungan untuk Indonesia melalui Smart City, Telkomsel bersama dengan Lembaga Afiliasi Penelitan dan Industri (LAPI) ITB berusaha untuk meningkatkan awareness berbagai pihak akan Smart City lewat acara “Smart City untuk Indonesia” yang dilangsungkan di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, tanggal 16 Februari 2016 yang lalu.



“Kami ingin memberikan edukasi bagaimana teknologi dapat memberikan manfaat dalam implementasi Smart City untuk pengelolaan tata kota dan pemerintahan, serta bagi masyarakat yang secara langsung merasakan dampaknya.”, ujar Vice President Technology and System Telkomsel, Ivan Permana di acara tersebut.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Woro Indah Widiastuti kemudian menjelaskan bahwa di era globalisasi ini, kesejahteraan masyarakat sudah mengerucut pada digital ekonomi yang dapat dicapai melalui Smart Nation. Smart Nation inilah yang harus diawali dari Smart City di berbagai daerah di Indonesia, sebagai salah satu pendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sedangkan Direktur Institut Teknologi Bandung, Prof. Suhono H Supangkat, mengatakan, “Ini keberanian Indonesia untuk membangun kotanya, kalau kita tidak bangun dari sekarang, akan ada banyak penetrasi kota dari luar negeri. Sekarang bagaimana kita memaksimalkan potensi Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangan.”

Momen ini juga sekaligus menjadi Seremoni Implementasi Smart City Bekasi. Turut menjadi pembicara dengan konsep pariwisata Indonesia dari Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, serta kesiapan kota masing-masing menjadi Smart City dari Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Dalam mendukung pembentukan Smart City di Indonesia, Telkomsel sebelumnya telah terlebih dahulu bekerjasama dengan Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB membentuk Smart System Platform. Platform pengelolaan Smart City ini terintegrasi dengan data dan informasi kota, serta berbagai layanan dan aplikasi, sehingga diharapkan dapat mendukung menyelesaikan masalah-masalah perkotaan, seperti dalam hal transportasi, pendidikan, dan kesehatan.





WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES