Hari Kedua NextDev Trip to Europe: Swiss Tech Association

corporate published 182 Days ago




Hari Kedua NextDev “Trip to Europe “: Swiss Tech Association

 

Ternyata ngembangin startup tuh susah susah gampang yah? Banyak faktor yang mesti dihadapi. Hal tersebut diulas dalam forum diskusi Swiss Tech Association yang berlangsung di Bern, tepat di hari kedua The NextDev Management “Trip to Europe”, Selasa (21/2).

Para peserta mendapat insight menarik dari seorang entrepreneur lokal yang pernah menjadi ekspatriat di “Negeri Paman Sam”, Gavrilo Bozovic. Dia berbagi pengetahuan tentang perbandingan ekosistem startup lokal di Swiss dan Silicon Valley, San Francisco.



Dalam sesi diskusi yang berjudul “Silicon Valley vs Silicon Valais”, Bozovic berkisah tentang empat faktor utama yang membedakan pengembangan startup di Swiss dan Silicon Valley:

1. Ambition & Passion

Startup
di Silicon Valley memiliki ambisi untuk membuat produk yang tidak hanya sekedar memberikan solusi, namun solusi yang ditawarkan dapat menjadi opportunity yang lebih besar untuk dikembangkan. Sedangkan ambisi dan passion para startup di Swiss masih terbatas untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi (short term).


2. Financing

Di Silicon Valley, startup memperoleh funding dari banyak pihak, seperti venture capitalist dan pemerintah, di mana para investor ini tidak hanya memberikan funding namun juga coaching. Sementara itu, startup di Swiss hanya memperoleh funding para investor mengharapkan startup agar dapat menghasilkan return on investment tinggi dalam waktu yang cepat.


3. Planning, Pivoting, and Failure

Startup
di Silicon Valley memiliki proses pengembangan yang unik dan membutuhkan waktu yang berbeda hingga akhirnya mereka mencapai kesuksesan. Di Swiss, para startup memiliki keinginan untuk mencapai kesuksesanan dalam waktu yang cepat.


4. Demographic & Cultural

Startup
di Silicon Valley memiliki banyak akses agar dapat bertemu dengan calon stakeholders tanpa perlu menunggu lama ketika membuat janji. Sedangkan diperlukan waktu yang sangat lama bagi startup di Swiss agar dapat membuat janji dengan calon stakeholders. Kondisi ini membuat startup di Swiss sedikit terhambat untuk bisa berkembang.


Jelang akhir sesi, para peserta The NextDev Management Trip mendapat kesempatan untuk sharing seputar profil maupun pengalaman singkat mereka. Bagi mereka, ajang ini sangat bermanfaat karena mampu membuka wawasan perihal lika-liku pengembangan startup di negara maju, khususnya Swiss dan Amerika Serikat.

Penasaran cerita perjalanan mereka selanjutnya? Ikuti terus kisahnya di Telkomsel blog ya.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES