Finalis The NextDev 2016: Tuntun

corporate published 197 Days ago




Finalis The NextDev 2016: Tuntun

 

Banyak sekali inspirasi yang bisa kita dapatkan dari para peserta The NextDev 2016, kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural yang diadakan oleh Telkomsel. Mereka bertekad untuk membantu memecahkan masalah yang ada di sekitarnya dengan menghadirkan solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.

Simak profil salah satu finalis The NextDev 2016, Tuntun, sebuah platform aplikasi digital di bidang e-Tourism, yang dikembangkan oleh Ayu Nikki Asvikarani, Wira Maharddhika Pradnyanna, Andrean Susanto, Buda Patrayasa, dan Widarma Putra dari Denpasar.





Apa itu Tuntun?

Tuntun virtual guide merupakan sebuah aplikasi mobile pada platform Android dengan fitur utama audio streaming tentang deskripsi sejarah dan budaya dari tempat wisata. Aplikasi ini dilatarbelakangi oleh visi untuk mengembangkan pariwisata Indonesia menjadi lebih baik melalui sentuhan teknologi dengan memperkenalkan kekayaan budaya yang ada di dalamnya.

Tuntun dikembangkan dengan basis geolocation, dimana cara kerja aplikasi ini adalah ketika pengguna sampai pada suatu tempat wisata tertentu, akan muncul notifikasi guide activation untuk mengaktifkan fitur audio streaming yang akan menuntun wisatawan pada tempat wisata tersebut.

Melalui fitur audio streaming yang tersedia, wisatawan dapat menikmati layanan pemandu wisata seperti deskripsi spot dan arahan terkait perjalanan wisata hanya dengan menggunakan telepon seluler miliknya. Diharapkan perjalanan wisata dapat lebih menarik dan berkesan.

Tuntun akan meningkatkan ketertarikan wisatawan terhadap tempat wisata dan memperpanjang masa tinggal, memberikan nilai lebih fitur audio streaming terkait deskripsi sejarah, dan membuat wisatawan menjangkau spot wisata secara lebih terarah.



Bagaimana awal munculnya ide pembuatan Tuntun?

Pengembangan Tuntun terinspirasi dari cerita salah satu mentor tim Tuntun tentang museum yang pernah beliau kunjungi di luar negeri, dimana pengunjung museum diberikan alat pembimbing yang dapat memberikan informasi lengkap tentang benda-benda yang ada di dalamnya.

Inovasi tersebut rasa keinginan kami untuk menyelesaikan salah satu permasalahan yang kerap kali dialami wisatawan ketika berjalan-jalan tanpa pemandu (guide) di suatu tempat yang baru. Selain itu banyak tempat wisata di Bali yang sesungguhnya memiliki nilai sejarah tinggi, namun nilai tersebut tidak diketahui oleh wisatawan atau bahkan oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu kami merasa akan sangat baik untuk berinovasi sebagai jawaban permasalahan tersebut dengan mengembangkan Tuntun.



Apa keunggulan Tuntun dibandingkan aplikasi sejenis?

Untuk saat ini belum ada aplikasi lokal sejenis. Namun jika dibandingkan di negara lain, Tuntun mencakup wilayah yang belum mereka jangkau yaitu Indonesia, dimulai dengan Bali.



Apakah tantangan dan harapan kalian sebagai startup lokal?

Tantangan yang kami hadapi saat ini adalah ekosistem startup di Bali yang belum cukup terbangun, sehingga tim kami masih kekurangan sumber baik di bidang developing maupun ilmu bisnis, yang akan dapat membantu kami berkembang lebih cepat. Harapan kami adalah semakin banyak wadah mentoring dan pembinaan untuk startup lokal agar bisa terus bersaing sampai ke level internasional.



Apa pesan kalian terhadap generasi muda agar mereka dapat memiliki kesadaran untuk berperan nyata dan berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungannya, dan bagaimana cara memulainya?

Pesan kami bagi generasi muda pesan adalah untuk memanfaatkan masa muda dengan berkerja dan berusaha sebaik-baiknya. Karena masa-masa ini adalah masa yang paling tepat untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Hal kecil apapun yang kita lakukan akan bisa berdampak besar dan memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat apabila dilakukan dengan niat baik, disiplin, dan pantang menyerah. Untuk memajukan Indonesia tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah tapi juga seluruh lapisan masyarakatnya.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES