Finalis The NextDev 2016: Angkuts

corporate published 197 Days ago




Finalis The NextDev 2016: Angkuts

 

Banyak sekali inspirasi yang bisa kita dapatkan dari para peserta The NextDev 2016, kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural yang diadakan oleh Telkomsel. Mereka bertekad untuk membantu memecahkan masalah yang ada di sekitarnya dengan menghadirkan solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.

Simak profil salah satu finalis The NextDev 2016, Angkuts, sebuah platform aplikasi digital di bidang e-Energy, yang dikembangkan oleh Try Wahyudinata, Uthamy Ayuningrum, dan Funun Salmaniahdari Pontianak.





ApaituAngkuts?

Angkuts adalah sebuah aplikasi jasa kurir sampah yang memberikan pelayanan jemput sampah ke rumah masyarakat, dengan syarat sampah yang akan diangkut harus sudah terpilah. Ada enam jenis sampah yang diangkut, yaitu, botol plastik, gelas air mineral, koran, kertas HVS, kardus, dan kaleng aluminium. Keenam jenis sampah tersebut kemudian diberikan harga sesuai dengan jenisnya.

Angkuts mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya pemilahan sampah dan bahwa sampah masih bernilai ekonomis. Masyarakat juga mendapatkan reward berupa saldo dalam virtual account di aplikasi Angkuts yang mereka unduh, karena sampah yang diangkut akan dibayar.



Bagaimana awal munculnya ide pembuatanAngkuts?

Berawal dari salah satu permasalahan di kota Pontianak, yaitu hanya terdapat satu tempat pembuangan akhir dan diperkirakan beberapa tahun yang akan datang tempat pembuangan akhir tersebut akan penuh.

Angkuts juga berkeinginan untuk merangkul pemulung-pemulung yang ada di Pontianak agar tidak mencari barang-barang bekas di tempat yang tak layak, seperti di tempat pembuangan akhir. Dengan adanya Angkuts, pemulung-pemulung tersebut tidak perlu mencari sampah-sampah di TPA atau di TPS.



Apa keunggulan Angkuts dibandingkan aplikasi sejenis?

Saat ini belum ada aplikasi sejenis Angkuts yang menyediakan jasa penjemputan sampah langsung ke rumah masyarakat dengan melakukan penggilan dari aplikasi. Selain itu, sampah yang diangkut, akan dibayar. Angkuts juga memberikan layanan edukasi dan sosialisasi kepda masyarakat terkait tata cara pemilahan sampah yang baik dan benar serta memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa sampah masih bernilai ekonomis.



Apakah tantangan dan harapan kalian sebagai startup lokal?

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh Angkuts saat ini adalah bagaimana mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat untuk benar-benar bisa memilah sampahnya masing-masing, karena belum semua masyarakat bisa memilah sampahnya dengan baik.



Apa pesan kalian terhadap generasi muda agar mereka dapat memiliki kesadaran untuk berperan nyata dan berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungannya, dan bagaimana cara memulainya?

Pesan kami kepada generasi muda adalah terus berkarya menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Jika ada ide yang digagas, segera laksanakan dan jangan dipendam. Mulaikan ide tersebut dengan aksi nyata yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES