Drone Elang Nusa: Produk Lokal Kebanggaan Nasional

corporate published over a year ago




Telkomsel telah menerbangkan dua buah drone Elang untuk menjelajahi 50 kota di Indonesia dari angkasa. Keduanya telah diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 km.

Pesawat drone yang digunakan Telkomsel dalam program Ekspedisi Langit Nusantara merupakan buatan manufaktur lokal. Drone yang lepas landas pada 14 April dan akan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada 14 Mei 2016 ini dikembangkan bersama mitra lokal, PT Graha Cipta. Perusahaan tersebut bergerak di bidang manufaktur untuk perusahaan minyak offshore.

Telkomsel memesan tiga jenis drone dengan spesifikasi terbaik untuk Ekspedisi Langit Nusantara yang akan digelar dari Sabang dan dari Merauke: yakni Drone Engine, Drone Electric, dan Drone Multi Rotor DJI Phantom.

Khusus untuk menerbangkan Drone Engine, dibutuhkan runway atau landasan terbang untuk take off dan landing. Sedangkan Drone Electric cuma butuh runway untuk pendaratan, karena take off dapat dilakukan dengan menggunakan tangan saja.

Dalam prosesnya, drone dengan wingspan 258 cm dan length 185,5 cm itu akan terbang dengan cruise speed 70-90 KM/H dan maximum speed 100 KM/H, serta stall speed 50 KM/H. Bobot dan kecepatannya harus lah seimbang, agar drone Elang Nusa agar tidak goyah terhembus angin. Maka dari itu, drone Elang Nusa memiliki punya daya jelajah cukup tinggi.

Drone ini juga menggunakan bensin untuk terbang selama 2-3 jam bergantian untuk 3-4 kali landing. Karena harus lepas landas, Telkomsel pun telah menyiapkan pilot on ground yang akan menggunakan mobil untuk mengiringi terbangnya drone.

Di ketiga drone itu pun kemudian dipasangi kamera dengan resolusi 4K di bagian depan dan kamera di bagian bawah untuk mengambil video dari ketinggian 100 meter hingga 150 meter maksimal. Angka tersebut merupakan ketinggian maksimal yang diizinkan oleh Kementerian Perhubungan. Dan ketinggiannya pun sangat ideal agar drone tidak terbang terlalu jauh dari daratan.

Nantinya, video yang telah direkam oleh drone Elang Nusa akan terkoneksi ke mobil, lalu dialihkan ke server agar dapat diakses via internet. Kamu dapat melihat siaran video drone Elang Nusa dengan cara streaming maupun recorded dengan mengunjungi tautan berikut ini: http://www.telkomsel.com/elangnusa.

Telkomsel pun sengaja memilih Sabang dan Merauke yang berada di ujung Timur dan ujung Barat Indonesia sebagai titik awal ekspedisi ini, sehingga masyarakat dapat melihat keunggulan jaringan broadband Telkomsel yang terbentang hingga penjuru Tanah Air.

Elang Nusa ini merupakan bagian dari uji jaringan broadband yang dilakukan Telkomsel guna menjaga kualitas terbaik mobile broadband, baik 4G LTE maupun 3G, demi meningkatkan pengalaman pelanggan di mana pun mereka berada.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES