Aplikasi Terbaik di Telkomsel The NextDev 2015

corporate published over a year ago




Setelah melewati berbagai tahap dan menyingkirkan 400 pesaing serta 20 finalis dalam kompetisi pembuatan aplikasi kota pintar Telkomsel The NextDev 2015, akhirnya terpilih tiga aplikasi digital yang keluar sebagai juaranya. Mereka adalah Rumah Sinau, GandengTangan, dan Jejakku.

Ketiga aplikasi terbaik ini berhak mendapatkan hadiah 5M, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, ketiga aplikasi terbaik ini tidak hanya unggul dari sisi desain dan teknis namun juga memiliki dampak sosial yang positif terhadap masyarakat dan lingkungan.

“Kami harap ke depannya para developer muda Indonesia dapat terus berkreasi, sehingga menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan Indonesia,” kata Adita.

Adita menjelaskan bahwa kompetisi The NextDev 2015 ini mengusung tema pembuatan aplikasi Smart City atau kota pintar. Dengan tema tersebut, para developer muda mengirimkan karyanya dengan rasa antusias yang sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa banyak anak muda Indonesia yang ingin membuat perubahan positif pada lingkungan melalui peran teknologi (aplikasi).

GandengTangan

Salah satu aplikasi terbaik adalah GandengTangan yang dibuat oleh Nur Roni Dinnurohman, Betania Jezamin Setiawan dan Dhini Hidayati dari Jakarta.



Aplikasi ini merupakan wadah kolaborasi bagi pemilik usaha yang membutuhkan modal. Pemilik usaha dapat meraih dukungan dana dari publik yang tulus ingin memberi pinjaman dengan bunga 0 (nol) persen dan tanpa jaminan. Pinjaman dana yang bisa diberikan mulai dari Rp 50,000. GandengTangan hadir menjembatani keduanya agar dapat bergandengan tangan untuk menciptakan dampak baik bagi masyarakat dan Indonesia.

Rumah Sinau

Aplikasi lain dengan dampak sosial yang positif adalah Rumah Sinau hasil karya Abdul Basir, Aprilia Nur Fitriani, dan Lintang Matahari Hasani dari Jakarta,



Rumah Sinau menjadi platform yang mempertemukan antara para pemilik ruangan agar dimanfaatkan para siswa dan tutor untuk belajar. Di Rumah Sinau, berbagai aktivitas bisa dilakukan siswa seperti mengulang pelajaran dari sekolah, belajar bersama, mengerjakan tugas dan PR sekolah, atau latihan soal jelang ujian.

Jejakku

Sedangkan Jejakku adalah hasil besutan Ahimsa Denhas Afrizal dan Luthfi Ali dari Surabaya.

Ini merupakan aplikasi bidang e-Tourism yang akan memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi tempat wisata, harga tiket, jam buka dan jam tutup sebuah tempat atau objek wisata, informasi transportasi, dan pengalaman wisatawan lain dari orang yang pernah berkunjung di tempat tersebut. Aplikasi ini memiliki misi membuat gerakan wisata positif, di mana para traveler dapat bertukar informasi wisata dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di sekitar tempat wisata.



“Sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility Telkomsel, semoga program The NextDev ke depannya akan semakin mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, di mana salah satu pilar utamanya adalah hadirnya berbagai aplikasi yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif yang merupakan hasil karya anak Indonesia,” tambah Adita.

Sebelumnya, ketiga aplikasi ini berhasil meyakinkan para juri pada proses pitching dengan beberapa kriteria, diantaranya dalam dalam hal kerjasama tim, produk/fitur yang ditawarkan, business model yang dipakai, market yang disasar, dan skalabilitas dari aplikasi tersebut.

Juri-juri yang terlibat dalam fase final ini adalah Yansen Kamto (Chief Executive KIBAR), Setiaji (Head of Jakarta Smart City), Suhono Supangkat (Guru Besar ITB & Inisiator Smart City Initiatives Indonesia), Ivan Cahya Permana (VP Technology and System Telkomsel), Alamanda Shantika (VP of Product G0-Jek), Wicak Hidayat (Vice Managing Editor Nextren), Gibran Huzaifah (Founder e-Fishery) dan Stephanie Hermawan (Chief Executive Marketeers).




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES