3 Alasan Telkomsel Mendirikan BTS

corporate published over a year ago




Saat ini Telkomsel memiliki hampir 80.000 Base Transceiver Station (BTS) di Indonesia. Kalau dilihat dari sebaran penduduk, BTS Telkomsel ini mencapai 97 persen dari populasi penduduk.

Setiap BTS tentunya didirikan untuk menghadirkan layanan telkomunikasi bagi pelanggan. Namun, ada juga pertimbangan lainnya.
 
Tepatnya, ada tiga tiga alasan pembangunan BTS. Berikut adalah alasan-alasan tersebut:

Pertama: Alasan Bisnis

Alasan pertama, tentu adalah apakah keberadaan BTS tersebut layak secara bisnis. Itu artinya, keberadaan BTS tersebut akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Sebuah lokasi yang ramai penduduk dan aktif secara ekonomi dan bisnis tentunya menjadi lokasi yang menarik untuk penempatan BTS Telkomsel.

Kebutuhan masyarakat di lokasi itu untuk menggunakan layanan telekomunikasi tentunya tinggi. Dari lokasi seperti ini perusahaan bisa meraih pendapatannya.

Kedua: Alasan Strategis Ekonomi

Alasan yang kedua adalah "layak ekonomi". Maksudnya, kehadiran BTS di lokasi itu akan membantu meningkatkan laju roda perekonomian setempat.

Contohnya, BTS di sebuah pulau yang penduduknya relatif sedikit, bisa berarti calon pelanggannya sedikit, dan ini mungkin akan dianggap tidak layak bisnis.

Tapi keberadaan BTS di pulau tadi menjadi perlu karena, bisa dimanfaatkan oleh nelayan untuk mendapatkan informasi terbaru, misalnya soal harga komoditas hasil laut. Adanya akses ke informasi itu akan membantu menggerakkan roda ekonomi setempat.

Ketiga: Alasan Kedaulatan Negara

Alasan ketiga, adalah soal kedaulatan negara. Ini adalah alasan di balik keberadaan BTS Telkomsel di pulau-pulau terluar.

Bayangkan kalau di lokasi itu, di pulau-pulau terluar Indonesia, misalnya, sinyal telekomunikasi yang ada justru dari negara tetangga. Ini kan menjadi pertanyaan besar, sebenarnya wilayah siapa kah pulau tersebut.

Namun jika sinyalnya perusahaan telekomunikasi Indonesia, pihak asing tidak akan bisa masuk dan mengklaim mereka sudah sejak dulu bangun BTS di sana.

Maka, pembangunan BTS tidak semata-mata urusan bisnis, ada hal-hal yang terkait kepentingan lebih besar negara ini yang juga bisa dilakukan Telkomsel. Agar tidak sia-sia menyandang slogan "Paling Indonesia!"




Tags :
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

1 COMMENT
  • Aries Anggoro

    over a year ago

    Kerennn...Semoga BTS nya semakin banyak. Jaya Terus Telkomsel





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES